Bude Karwo Terima Award Gizi

Oleh Admin | 27-01-14 07:54:18


Bude Karwo saat menerima Penghargaan Peduli Gizi Buruk dari Ketua Umum DPD Persagi Jatim Andriyanto yang diberikan di H. Meritus Sby.



Ketua TP (Tim Penggerak) PKK Provinsi Jawa Timur Dra. Hj Nina Soekarwo, MSi atau yang lebih dikenal dengan panggilan Bude Karwo di awal tahun 2014 kembali menerima penghargaan, yaitu Award Gizi untuk kategori Peduli Peningkatan ASI Eksklusif.

Penghargaan itu diberikan, karena kegigihan Bude Karwo menanggulangi gizi buruk di Jawa Timur yang menurutnya karena salah memberikan asupan makanan. Salah satunya adalah masih banyaknya ibu-ibu yang tidak mau memberikan ASI (Air Susu Ibu) eksklusif kepada anaknya

``Masih banyak ibu-ibu di Jatim yang tidak mau menyusui anaknya, karena belum memahami arti penting pemberian ASI eksklusif, yaitu sebesar 45 persen,``keluhnya, sesaat menerima Award Gizi dari DPD Persagi (Persatuan Ahli Gizi) Jawa Timur, di Hotel Meratus Surabaya, Sabtu (25/1).

Untuk itulah bersama Kader PKK Kabupaten/Kota seluruh Jatim, Bude Karwo tidak hentinya menyosialisasikan arti penting pemberian ASI Eksklusif selama seribu hari pertama kehidupan.

 

Bude Karwo saat menyampaikan sambutan usai menerima penghargaan karena dinilai peduli dan konsen terhadap gizi buruk di Jatim yang diberikan di H. Meritus Surabaya.



Artinya, sejak dalam kandungan ( sembilan bulan) sang janin diberi makanan sehat. Dilanjutkan 6 bulan setelah kelahiran diberi ASI tanpa makanan pendamping, kemudian tujuh bulan sampai dua tahun berikutnya diberikan ASI ditambah makanan pendamping.

``ASI mempunyai berbagai macam manfaat. Utamanya Kolostrom yaitu air susu yang pertama keluar, mengandung zat antibody yang berguna agar anak tidak mudah kena penyakit,`` urainya.

Manfaat lainnya adalah anak mempunyai kecerdasan tinggi, dan tidak menyebabkan alergi. Selain itu dapat meningkatkan hubungan emosinal yang erat antara ibu dan anak. Mengandung unsur efisiensi, yaitu mengurangi pengeluaran belanja keluarga karena tidak membeli susu formula.

Setelah menerima Award Gizi, Bude Karwo bersama para kader PKK lainnya di seluruh Jatim lebih termotivasi untuk menyosialisasikan kepada masyarakat agar hidup lebih sehat, dimulai sejak dalam kandungan hingga di usia senja (lansia).

``Penghargaan ini saya dedikasikan kepada seluruh kader PKK kabupaten/kota se Jatim, yang tidak pernah lelah dan tanpa pamrih ikut menanggulangi kasus gizi buruk,`` ucapnya.

Award Gizi yang diserahkan oleh Ketua DPD Persagi Jatim Adrianto, MS, diberikan kepada lima tokoh daerah yang peduli terhadap pembangunan masyarakat sehat.
Lima tokoh masyarakat tersebut adalah Bude Karwo (Peduli Peningkatan ASI Eksklusif), Bupati Banyuwangi Abd. Azwar Anas (Peduli Peningkatan Status Gizi Anak Sekolah),
Bupati Situbondo (Penggerak Lintas Sektoral Penggulangan Gizi Buruk), Walikota Mojokerto Drs. H. Masud Yunus (Peduli Peningkatan Status Gizi Remaja dan Lansia), dan Waliktota Surabaya Tri Rismaharini (Peduli Peningkatan Gizi Buruk). (humas provjatim/dw/wemp).

AGENDA STATEMENT
  • 24/7/2014 09.00
    Laporan Badan Anggaran terhadap Raperda PAPBD Tahun 2014 di DPRD

  • 23/7/2014 07.00
    Pelepasan Mudik Gratis di Mangga Dua Surabaya

Lanjut

KAB/KO SEJATIM

Top News Rangking

Rank Kab/Ko: