disini
Beranda » Berita » TUTUP MTQ INI PESAN GUS IPUL

Fokus Jatim

Tutup MTQ, Ini Pesan Gus Ipul

Tutup MTQ, Ini Pesan Gus Ipul

Wagub Jatim Gus Ipul foto bersama dengan para pemenang MTQ XXVII Th 2017 di Candra Wilwatikta


Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) merupakan wahana berkompetisi dalam kebaikan (fastabiqul khoirot) guna memacu diri lebih mengenal, memahami, menghayati, dan mengamalkan Al Quran dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu, saat menutup pelaksanaan MTQ, Wakil Gubernur Jatim, Drs. H. Saifullah Yusuf berpesan kepada para pemenang untuk terus mengembangkan ilmu yang dimiliki kemudian menyebarkannya kepada masyarakat secara luas.

“Kami berharap para pemenang dapat terus memperkuat ilmu sehingga bisa dimanfaatkan untuk umat, dan pada akhirnya bisa mengamalkan Al Quran sebagai pedoman hidup kita,” pesan Gus Ipul, sapaan lekat Wagub Jatim saat menutup MTQ ke-27 Tahun 2017 tingkat Provinsi Jatim di Taman Candra Wilwatikta, Pandaan, Kab. Pasuruan, Minggu (8/10) malam.  

Para pemenang ini, menurut Gus Ipul, merupakan orang-orang hebat dan siap menjadi juara karena punya kemampuan untuk berprestasi di panggung MTQ. “Saya bangga menyaksikan peserta yang dinilai layak menjadi juara. Semoga para juara terus menyebarluaskan nilai dan ajaran Al Quran,” terangnya.

Selain memperkuat ilmu, melalui MTQ Gus Ipul berharap dapat mempererat silaturahmi seluruh peserta dan kafilah dari kab/kota se-Jatim. Ini penting dilakukan guna mewujudkan kokohnya harmoni sosial dalam wadah NKRI. Langkah ini sekaligus sebagai komitmen kuat Pemprov Jatim dalam meningkatkan pengenalan, pemahaman, dan pengamalan Al Qur’an.

Ditambahkannya, rangkaian penyelenggaraan MTQ seperti pameran produk unggulan dan pawai ta’aruf memiliki manfaat yang besar terutama dalam meningkatkan ekonomi masyarakat. Kegiatan pendukung ini menjadi ajang promosi produk unggulan dari tiap kab/kota.

Wagub Jatim Gus Ipul memberikan pigura plakat  MTQ XXVII Th 2017 kepada Bupati Tuban



Sehingga, lanjut Gus Ipul, selain sebagai syiar, penyelenggaraan MTQ ini juga dapat mengungkit perekonomian. “Produk unggulan yang dipamerkan merupakan produk UMKM yang menjadi tulang punggung ekonomi Jatim,” katanya.

Dalam kesempatan ini, orang nomor dua di Jatim ini berkali-kali menyampaikan rasa bangga dan syukur atas terselenggaranya acara MTQ dengan lancar. “Para peserta ini adalah kebanggaan dan masa depan kita. Mari kita doakan semua dilindungi dan dirahmati Allah SWT,” katanya sembari mengajak para hadirin menyanyikan lagu ‘Syukur’ secara bersama-sama.

Sementara itu Ketua Umum Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Provinsi Jatim, Dr. H. Akhmad Sukardi mengucapkan terimakasih kepada Kab. Pasuruan yang telah mendukung penyelenggaraan MTQ sehingga berjalan lancar. “Terimakasih juga kepada masyarakat Pasuruan yang telah menjadi tuan rumah yang ramah dan baik,” kata Sekdaprov Jatim ini.

Juara umum MTQ ke-27 kali ini adalah Kab. Gresik. Dalam acara ini dilakukan pula penandatanganan prasasti Sukses MTQ XXVII dan Berjumpa pada MTQ XVIII Tahun 2019 di Kab. Tuban. Prasasti ini kemudian diserahkan kepada Bupati Tuban H. Fathul Huda.  (humaspemprovjatim/dewi)


Penulis: super administrator
Copyright ©2017 Biro Humas - Pemprov. Jatim.
All Rights Reserved
Jl. Pahlawan 1 - 2, SURABAYA