disini
Beranda » Berita » ARUMI AJAK PELAKU UMKM JATIM MELEK TEKNOLOGI

Fokus Jatim

Arumi Ajak Pelaku UMKM Jatim Melek Teknologi

Arumi Ajak Pelaku UMKM Jatim Melek Teknologi


SURABAYA, 2 April 2021 -
Ketua Dekranasda Jatim Arumi Bachsin Emil Elestianto Dardak berharap, situasi pandemi Covid-19 yang sampai saat ini masih belum melandai dijadikan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Jatim sebagai peluang untuk memanfaatkan penjualan produknya secara online. Cara penjualan tersebut dinilai Arumi sangat penting. Untuk itu, Arumi pun mengajak para pelaku UMKM di Jatim agar melek teknologi.

"Seperti kata Ibu Gubernur Khofifah, kalau bisa penjualan produk UMKM jangan hanya online saat pandemi saja. Tapi jadikan ini sebagai modal untuk mengubahnya menjadi kebiasaan," kata Arumi Bachsin saat membuka Women's Week bertema Eksplor Indonesia yang diselenggarakan di Grand City Mall Surabaya, Jumat, (2/4).

Masih menurut Arumi, pelaku UMKM di Jatim harus menjalani kondisi pandemi dengan teknologi yang sudah maju. Sehingga, ketika pandemi berakhir, sistem penjualan online masih bisa dilakukan. "Dengan demikian, market yang disasar mulai tingkat lokal, nasional hingga internasional. Dan ini menjadi bekal bagi pengrajin," ujar Arumi.

Lebih lanjut, dirinya mengaku, pola penjualan secara online tidak bisa dilepaskan dari peran srikandi-srikandi Jatim yang dengan gigih berusaha untuk memperkenalkan sekaligus meningkatkan produk-produk pengrajin di tengah pandemi Covid-19.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur

"Srikandi-srikandi Jatim secara bersama-sama membangkitkan semangat pelaku UMKM dengan menyelenggarakan acara Women's Week. Semoga membawa perubahan," ungkapnya. Arumi berharap, terselenggaranya Women's Week 2021 di tengah pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat pengrajin, melainkan menjadi titik awal kebangkitan bagi pengrajin. "Women's Week menjadi inspirasi bagi kita semua. Insyallah badai pasti berlalu," tutupnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Women's Week, Lilik Noer menuturkan, acara yang diselenggarakan memiliki spesifikasi dalam memperhatikan karya-karya perempuan kreatif. Sehingga, membuka peluang selebar-lebarnya bagi para pengrajin produk IKM dan UMKM perempuan di Jatim.

"Kesempatan untuk mempromosikan produk sekaligus berkarya dan berinovasi bersama di masa pandemi ini," tuturnya.

Lilik menyampaikan, acara yang digelar hingga Minggu, (4/4/2021) itu diikuti 50 peserta UMKM se Jatim. Ia pun berharap, acara tersebut menjadi motivasi perempuan-perempuan kreatif di Jatim untuk terus berkarya. "Sama-sama bangkit meningkatkan ekonomi di Jatim dan Indonesia," tandasnya.

Pada kesempatan tersebut, juga dihadiri Ketua Dekranasda Kota Pasuruan, Ketua Dekranasda Kota Surabaya, Ketua Dekranasda Kab. Trenggalek, jajaran Forkopimda dan Ketua Komunitas Pengrajin UMKM di Jatim. Acara tersebut juga diberikan penghargaan kepada Ketua Dekranasda Kota Pasuruan, Fatma Saifullah Yusuf.

Melalui hasil voting, istri mantan Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf itu terpilih sebagai perempuan yang menginspirasi pelaku UMKM di Provinsi Jatim. "Terima kasih srikandi-srikandi Jatim. Ini menjadi semangat bagi saya. Mudah-mudahan pandemi segera berakhir sehingga srikandi-srikandi Jatim terus menghasilkan produk yang berkualitas," pesannya.(*)

Penulis: Biro Humas Pemprov Jatim
Copyright ©2021 Biro Humas - Pemprov. Jatim.
All Rights Reserved
Jl. Pahlawan 1 - 2, SURABAYA